Wajib Tahu ! Inilah 11 Tips Sukses Usaha Online Shop Buat Pemula

Usaha Online Shop

carabisnisku.com – Ingin memulai bisnis online tapi takut gagal? Jangan khawatir, simak bagaimana tips sukses usaha online shop buat para pemula di bawah ini untuk anda praktekkan langsung.

Di zaman yang serba digital ini, hampir semua orang mengenal dan pernah menggunakan internet. Karena perannya yang sangat membantu dalam segala hal, Internet menjadi salah satu bagian yang sangat populer di masyarakat. Salah satu pemanfaatan internet ini adalah digunakan sebagai ladang bisnis. Saat ini, kebanyakan orang memulai bisnis kecil-kecilan dengan membuka usaha online shop baik di sosial media maupun di media online lainnya.

Banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan berbisnis online, salah satunya yakni produk yang kita produksi akan semakin dikenal di masyarakat karena cakupan promosi lebih luas. Apabila produk kita telah dikenal banyak orang, tidak menutup kemungkinan bahwa semakin banyak orang yang akan membeli produk tersebut. Apabila anda telah mahir dalm berbisnis online ini, tentunya anda akan mendapat banyak laba dari bisnis tersebut.

Salah satu bisnis online yang dapat anda coba sebagai pemula yakni online shop. Bisnis ini merupakan salah satu peluang usaha baru dan juga bisnis online yang dapat dicoba oleh para pemula, apalagi jika anda memiliki offline shop. Jika anda tidak memiliki offline shop, anda bisa menjadi reseller dari produk yang dijual oleh supplier. Namun anda harus pintar dalam memilih produk, karena barang reseller tentunya susah untuk dipastikan kondisinya dibandingkan jika kita memiliki offline shop sendiri.

Tips Sukses Usaha Online Shop Buat Pemula

Memulai usaha online dapat dilakukan oleh siapapun, terutama untuk seorang pemula. Anda tidak perlu khawatir, karena pebisnis besar yang sekarang terkenal dulunya juga memulai usaha dari bawah. Banyak sekali cara yang dapat anda tempuh agar usaha online anda sukses. Simaklah tips-tips di bawah ini dan praktekkan langsung agar usaha online shop anda sukses dan membawa keuntungan yang besar.

1. Memiliki Internet Banking

Sebelum memulai usaha online, sebaiknya anda membuat internet banking dahulu, hal ini akan mempermudah anda dalam bertransaksi. Pembayaran oleh pembeli dapat dicek segera, hal ini juga membantu anda mengurangi resiko modus penipuan dari pembeli. Dengan mempunyai internet banking ini, anda tidak perlu repot-repot ke ATM untuk melakukan pembayaran atau sekedar mengecek saldo dan pembayaran oleh pembeli.

2. Tentukan Produk yang Akan Dijual

Sebaiknya anda menentukan produk apa yang akan dijual dalam memulai bisnis online, apakah itu fashion, kuliner, obat, kosmetik, dan lainnya. Pilihlah produk yang sedang kekinian atau sedang trend dan digemari oleh masyarakat, anda dapat melakukan survey terlebih dahulu untuk menentukannya. Apabila produk yang anda jual sesuai dengan trend, tentunya produk tersebut akan lebih mudah dipasarkan karena anda tidak perlu mengenalkan lagi spesifikasi dari produk yang anda jual.

3. Tentukan Target Pemasaran

Target pemasaran sangat penting dalam berbisnis online, hal ini bermanfaat dalam mengurangis resiko persaingan yang semakin ketat. Anda dapat menentukan target pasar yang sesuai dengan produk anda, misalnya produk kosmetik untuk wanita, produk fashion untuk para remaja, dan lainnya. Dengan menentukan target pemasaran ini, usaha online shop anda akan semakin jelas dalam menentukan konsumen yang tepat.

4. Mencari Supplier

Apabila anda tidak memiliki produk sendiri semacam offline shop, yang harus anda lakukan adalah mencari supplier yang tepat. Anda bisa menjalin kerja sama dengan para supplier dalam usaha online yang anda kerjakan. Namun sebelum itu, sebaiknya anda melakukan survey terlebih dahulu untuk memastikan barang yang dipasok oleh supplier apakah tersedia atau tidak dan untuk mengurangi resiko-resiko yang tidak diinginkan.

5. Buatlah Komunitas Olshop

Buatlah semacam komunitas olshop untuk mempermudah anda dalam melakukan pemasaran, gunakan media sosial tanpa batas seperti Instagram, Facebook, YouTube lainnya. Biasanya media tersebut memiliki banyak peminat, sehingga peluang pemasaran online shop anda akan semakin besar. Selain itu, semua pelanggan anda juga akan lebih mudah dalam menemukan produk yang anda jual dan akan merasa puas karena dilayani secara baik.

6. Mengatur Olshop

Anda harus mengatur olshop anda agar terlihat rapih dan lebih menarik, buatlah album dari produk-produk yang dijual. Selain itu, berilah keterangan lengkap dalam mengupload produk seperti menjelaskan kondisi barang, rincian barang dagangan, status barang apakah ready atau pre order, harga barang, dan cara pemesanan. Hal ini akan mempermudah anda, karena pembeli tidak akan mengulangi pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Baca Juga : 9 Hal Ini Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memulai Bisnis Online

7. Tolak Malas dan Bekerja Keras

Biasanya dalam memulai usaha online shop, anda akan diserang penyakit malas di tengah jalan. Anda harus menolaknya, karena hal ini hanya akan menghentikan pekerjaan yang dilakukan. Rajinlah posting barang, share, dan membalas chat dari calon pembeli. Apabila anda bekerja keras, semua pembeli dan pelanggan akan merasa nyaman dan percaya pada anda.

8. Cermat dan Teliti

Apabila anda masih pemula, sebaiknya anda lebih cermat dan teliti dalam menentukan harga barang dan juga ongkos kirim. Hal ini ditujukan untuk menghindari kerugian, sehingga anda mendapat keuntungan dari penjualan barang tersebut.

9. Bersikaplah Jujur

Tips jualan online shop untuk pemula selanjutnya adalah bersikap jujur. Sikap jujur ini sangat penting untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen, karena olshop anda akan berjalan jika memiliki kepercayaan tersebut. Katakanlah kondisi barang yang sesuai dengan persediaan dan hindari segala kebohongan yang dapat menghilangkan kepercayaan dari konsumen.

10. Bersikap Sabar dan Ramah

Dalam melayani konsumen, tentunya memerlukan kesabaran yang tinggi karena biasanya konsumen akan banya bertanya dalam menanyakan barang. Konsumen akan mencari tahu segala informasi dari barang sampai detail untuk meyakinkan dirinya sebelum membeli produk yang anda jual. Sehingga, kesabaran sangat diperlukan agar konsumen yakin membeli produk anda.

Selain sabar menjawab segala pertanyaan konsumen, sebaiknya anda tetap bersikap ramah pada konsumen. Hal ini akan membuat konsumen menjadi nyaman dan tidak sungkan untuk bertanya kepada anda. Biasanya, konsumen lebih memilih kenyamanan pelayanan dibandingkan dengan barang yang murah namun pelayanannya buruk. Hal ini merupakan salah satu cara bisnis online untuk meningkatkan pelayanan anda kepada konsumen.

11. Merancang Strategi Promosi yang Tepat

Promosi sangat penting dalam berjualan, anda bisa gunakan semua media sosial yang anda punya untuk menjual produk online shop yang anda jual. Anda juga bisa memasang iklan di berbagai media jual beli yang saat ini sedang ramai digunakan seperti OLX, Lazada, Blibli, dan lapak online lainnya.

Selain strategi promosi menentukan tempat pasar online yang tepat, anda juga perlu menyiapkan strategi yang lain seperti memberi diskon, promo beli satu gratis satu, ataupun strategi promosi lain yang tepat. Dengan melakukan hal tersebut, konsumen akan tertarik untuk mencoba produk anda. Bahkan, konsumen akan berlangganan apabila mereka puas terhadap produk yang anda jual.

Dengan memahami dan mempraktekkan langsung tips-tips sukses usaha online shop di atas, akan membantu anda menuju kesuksesan dalam berbisnis online. Anda hanya perlu bekerja keras dan lebih berhati-hati dalam melakukan usaha online yang anda tekuni. Semoga bermanfaat.

1 Comment

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 9 Cara Berjualan Online Agar Sukses dan Laris Bagi Pemula - Cara Bisnis Online
  2. 16 Cara Bisnis Online Untuk Pemula Agar Menghasilkan Untung Lebih Cepat - Cara Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*