9 Cara Berjualan Online Agar Sukses dan Laris Bagi Pemula

Cara Berjualan Online

carabisnisku.com – Ingin memiliki online shop yang laris dan dikenal oleh banyak orang? Simaklah cara berjualan online di bawah ini agar jualan anda sukses dan laris meskipun masih pemula.

Online shop saat ini sangat diminati bagi orang-orang yang ingin berbisnis, baik oleh pedagang yang memiliki offline shop atau juga pedagang yang menjadi reseller. Karena selain tempat jualannya yang fleksibel, pencarian konsumen dapat dilakukan lebih mudah dan lebih luas. Online shop ini akan memberikan banyak sekali manfaat, apabila sebelum melulai berbisnis diawali dengan perencanaan yang matang. Sehingga, anda harus paham betul mengenai cara berjualan online yang baik agar usaha online anda tidak sia-sia.

Hal yang harus anda tentukan pertama kali dalam memulai online shop adalah produk yang akan dijual. Dalam memilih produk yang tepat, sebaiknya anda melihat peluang pasar terlebih dahulu. Lakukanlah survey untuk mencari tahu produk yang saat ini sedang trend dan digemari masyarakat. Selain itu, anda juga harus menentukan target pemasaran. Karena dengan menentukan target pasar ini, akan memudahkan anda dalam menentukan konsumen yang sesuai.

Setelah kedua hal tersebut telah terpenuhi, yang harus dilakukan selanjutnya adalah memulai berjualan online. Namun, berjualan online ini tidak bisa dilakukan secara asal agar nantinya usaha yang anda lakukan tidak main-main. Sebaiknya, lakukan pengamatan terlebih dahulu terhadap para pedagang online yang telah sukses. Carilah kunci dari kesuksesan tersebut, sehingga anda bisa mencontohnya untuk memulai usaha online.

Cara Berjualan Online Agar Sukses dan Laris

Berjualan online sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, namun terkadang beberapa orang tidak mengetahui bagaimana cara agar usaha onlinenya tetap berjalan. Apalagi bagi pemula, biasanya mereka memerlukan pemahaman dasar untuk memulai usaha online tersebut. Berikut cara berjualan online yang dapat anda pahami untuk memulai usaha online agar sukses dan produk dagangan laris.

1. Buatlah Akun Jualan Online

Anda bisa memilih lapak online yang tepat untuk memulai usaha, bisa menggunakan media sosial ataupun lapak-lapak khusus jualan online seperti Shopee, Blibli, OLX, Lazada, website toko online gratis, dan lainnya. Setelah itu, buatlah akun dari media online yang anda pilih. Akun ini dapat diberi nama anda atau bisa juga nama online shop.

Sebelum membuat akun, pastikan email dan nomor yang anda gunakan untuk membuat akun masih aktif. Hal ini akan membantu anda dalam mempermudah transaksi dan mempermudah juga dalam melayani konsumen apabila terdapat komplain, kritik, dan saran.

2. Mulai Membuka Toko Online

Setelah berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah membuka toko online yang anda buat. Anda dapat menaruh berbagai informasi seperti deskripsi tentang online shop, produk yang dijual, keunggulan online shop, dan juga letakkan foto profil yang menarik. Aturlah toko online yang anda buat menjadi semakin menarik dan enak dipandang, sehingga konsumen merasa nyaman saat mengunjungi online shop milik anda.

3. Memposting Produk

Cara memulai bisnis online shop selanjutnya adalah memposting produk yang akan anda jual. Usahakan dalam memposting produk, anda memberikan segala informasi mengenai produk secara lengkap seperti deskripsi produk, harga, kondisi produk, kegunaan produk, bahkan tentukan pula masalah ongkir. Hal ini akan membuat konsumen merasa percaya kepada anda, karena semua informasi tentang barang yang diinginkan telah dicantumkan.

4. Rajin Mempromosikan Produk

Setelah memposting produk secara lengkap, anda harus memperluas promosi agar produk agar semakin dikenal luas di masyarakat. Rajinlah melakukan share setelah selesai posting ke media sosial lainnya. Bahkan, anda bisa juga meminta keluarga dan teman untuk ikut melakukan share.
Cara berjualan online yang lain adalah memberi jangka waktu untuk setiap kali memposting. Hal ini ditujukan agar produk yang diposting sebelumnya tidak tenggelam dan membuat konsumen sulit mencari posting tersebut. Jangka waktu yang ditentukan bebas sesuai dengan keinginan anda, namun biasanya di lapak online seperti Lazada, Shopee, dan lainnya membatasi waktu untuk sekali posting selama 4-5 jam.

5. Berikan Promo-promo yang Menarik

Untuk membuat konsumen tertarik pada produk yang anda jual, sediakanlah promo-promo menarik seperti diskon dan juga gratis ongkir dengan minimal pembelian yang bisa anda tentukan sendiri. Hal ini akan menjadi daya tarik pertama konsumen, dan mereka akan semakin tertarik lagi untuk membeli produk yang anda jual. Apabila tips jualan online ini anda lakukan, konsumen akan merasa puas dan senang menggunakan produk tersebut.

6. Perbanyak Jenis Produk

Apabila jenis produk yang anda jual hanya sedikit, konsumen tidak akan merasa puas karena tidak ada variasi produk yang dapat dipili. Semakin banyak jenis produk yang anda jual, akan membuat konsumen semakin tertarik untuk mengunjungi online shop milik anda. Salah satu cara lain untuk memperbanyak jenis produk yang anda jual adalah menjalin kerja sama dengan online shop lain, tentunya anda harus memilih partner kerja sama yang terpercaya dan juga saling menguntungkan.

7. Berikan Pelayanan Terbaik Pada Konsumen

Cara berjualan online yang baik memberikan pelayanan yang baik, ramah, dan sabar terhadap segala keluhan dan pertanyaan konsumen. Selain itu, tanggapan yang cepat atau fast respon juga sangat membantu anda mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Apabila ternyata konsumen tidak tertarik, anda tidak perlu memaksa konsumen untuk membeli produk yang anda jual. Hal ini hanya akan membuat konsumen merasa tidak nyaman.

Dalam hal ini, kunci agar jualan online yang anda bangun sukses adalah komunikasi. Apabila anda bisa melayani konsumen dengan komunikasi yang baik dan ramah, tentu akan memungkinkan konsumen tertarik dan nyaman untuk berbelanja di online shop milik anda.

8. Pelajari dan Pahami Para Pesaing

Agar jualan online anda berjalan lancar, anda harus memahami dan memperlajari segala informasi tentang para pesaing yang ada di sekitar anda. Kuasai segala informasi mengenai harga, kualitas, kondisi produk, dan strategi yang digunakan pesaing agar anda dapat membuat perencanaan untuk melakukan inovasi terhadap produk yang anda jual.

Selain itu, anda bisa juga membandingkan produk milik anda dengan produk pesaing. Trik jualan online shop agar laris adalah mencari kelebihan dari produk anda yang tidak dimiliki oleh produk lain, sehingga konsumen akan semakin tertarik untuk lebih memilih produk anda dibanding produk lain. Hal ini juga akan membantu anda menjawab pertanyaan konsumen apabila mereka menanyakan segala hal tentang barang yang anda jual.

Baca Juga : Wajib Tahu ! Inilah 11 Tips Sukses Usaha Online Shop Buat Pemula

9. Tetap Optimis Pada Produk yang Anda Jual

Apabila di tengah jalan anda mendapat hambatan, tetaplah optimis dan jangan pantang menyerah. Jadikanlah hambatan tersebut sebagai pijakan anda lebih maju lagi, agar anda tetap fokus pada tujuan awal anda berjualan online. Layani konsumen selayaknya raja, tanpa memandang siapa dan dari mana konsumen tersebut.

Dekati setiap konsumen yang menggunakan produk anda, dan mintalah testimoni dari produk tersebut. Testimoni ini nantinya akan membantu anda dalam meningkatkan penjulan online ini. Konsumen lain yang belum pernah mencoba produk yang anda jual, akan semakin yakin untuk membeli produk tersebut.

Selain Cara berjualan online di atas, anda tetap harus menerapkan sikap jujur agar konsumen percaya pada online shop yang anda buat. Ini akan membantu anda meningkatkan penjualan dan menuju kesuksesan. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa dishare ya

1 Trackback / Pingback

  1. 8 Bisnis Online yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil Terbaru - Cara Bisnis Online

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*