6 Cara Mudah Berinvestasi Di Bidang Properti

Cara Mudah Berinvestasi Di Bidang Properti

carabisnisku.com – Orang-orang kini banyak mencari-cari informasi untuk mencari cara mudah berinvestasi di bidang properti.

Bukan rahasia umum lagi bisnis property merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, para investor berlomba-lomba untuk membeli properti untuk mendapatkan keuntungan yang besar di kemudian hari.

Namun bagi orang awam, bisnis properti memang relatif sulit selain memerlukan modal yang besar juga perlu memilki keahlian membaca situasi untuk memperkirakan kenaikan nilai properti yang dijadikan investasi.

Jika salah dalam membaca situasi dalam memilih investasi properti, bukan tidak mungkin investasi yang telah di tanamkan di sektor proerti bukannya untung malah berbuntut kerugian.

Perlunya mengetahui cara berinvestasi di bidang properti

 

Bisnis properti merupakan investasi jangka panjang dan cukup sulit untuk di prediksi, namun di balik itu semua bisnis properti merupakan investasi yang sangat menjanjikan dan menguntungkan jika kita mengetahui cara berinvestasi di bidang properti.

Oleh karena itu sebagai pemain baru di bidang investasi properti, kita sebaiknya mengetahui cara -cara untuk berinvestasi di bidang properti agar dapat meraup keuntungan secara maximal.

Berikut 6 Cara Mudah Berinvestasi Di Bidang Properti :

 

1. Melihat Situasi Keuangan

Seblum memulai berinvestasi di sektor properti tentunya sangat penting untuk meninjau kemampuan keuangan kita, karena hal ini sangat menentukan properti janis apa yang akan menjadi bahan investasi kita.

Walaupun melakukan pinjaman bukan lah suatu ide yang buruk asalkan kita sudah memperhitungkan secara matang keputusan tersebut.

Jangan sampai angsuran pinjaman yang kita pinjam untuk investasi properti tidak sesuai dengan pemasukan yang didapat.

2. Menentukan Tujuan

Menentukan tujuan berinvetasi di bidang properti merupakan hal yang tidak kalah pentingnya, sebelum memantapkan untuk berinvestasi di bidang properti tentukan dulu tujuan anda apakah untuk sekedar rumah tinggal, kontrakan, kosan atau bahkann dijual kembali untuk mendapatkan keuntungan.

Langkah berikutnya adalah menghitung tenggat waktu, kapan investasi yang anda tanamkan di sektor properti ini mencapai tujuan.

Kebanyakan orang  berinvestasi di bidang properti ini bertujuan untuk mengamankan masadepan keuangan mereka, akan tetapi tidak terlalu memperhatikan secara detail tenggat waktu kapan investasi mereka dijual ataupun disewakan.

sehingga yang tejadi adalah keuntungan yang mereka harapkan dari bisnis properti ini tidak sesuai harapan.

Sebagai contohnya ketika seseorang berinvestasi di bidang properti yang berlokasi cukup jauh jaraknya dari perkotaan, dengan tujuan sebagai tabungan untuk mempersiapkan masa pensiun yang akan terjadi 6 tahun yang akan datang.

Hal ini tentu saja merupakan keputusan yang buruk, karena apabila kita bertujuan berinvestasi di bidang properti dengan jangka 6 tahun, ada baiknya kita berinvestasi properti yang dekat dengan daerah perkotaan atau di daerah yang sedang berkembang yang sudah memiliki site map pembangunan yang terencana matang dari pihak pemerintah setempat.

3. Memahami risiko

Seperti bisnis investasi lainya berinvestasi di bidang properti juga memiliki resiko, namun resiko tersebut dapat ditekan seminimal mungkin, dengan cara sebelum memutuskan untuk berinvestasi di bidang properti alangkah baiknya kita melakukan riset dan banyak mencari informasi seputar investasi bidang properti.

Sehingga resiko yang mungkin terjadi dapat ditekan se-minim mungkin dan tujuan anda berinvestasi dibidang properti dapat dicapai secara maximal.

4. Membuat anggaran investasi

Membuat anggaran investasi bertujuan untuk memastikan pendapatan dan pengeluaran anda seimbang saat anda menyisihkan dana simpanan untuk berinvestasi di sektor properti.

Dengan membuat pembukuan anggaran investasi, maka anda dapat memantau seacara jelas berapa banyak pengeluaran dan pemasukan yang didapat dari investasi propeti anda.

Pastikan anda melakukan hal ini sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi di bidang properti.

 

5. Membuat Alur Rencana Pembelian

Langkah selanjutya sebelum berinvestasi dibidang properti adalah dengan membuat alur rencana pembelian.

Dengan membuat alur rencana pembelian maka akan memudahkan kita untuk memutuskan porperti mana yang akan menjadi investasi kita.

nah begini cara membuat alur rencana pembelian yang ideal :

Menentukan bagaimana strategi investasi anda → Menentukan jenis dan kriteria properti  → Mencari properti yang sesuai dengan kriteria → Melakukan survei lokasi, fasilitas dll → Lakukan penilaian terhadap properti apakah harganya sudah sesuai → Lihat peluang di kawasan sekitar properti tersebut → Melakukan penawaran dan bernegosiasi agar mendapatkan harga dan bonus

 

6. Tetap fokus

Setelah memutuskan untuk berinvestasi di sektor properti tentunya anda harus berfokus, karena keputusan berinvestasi dibidang properti merupakan keputusan bisnis bukan sekedar keputusan emosional semata.

Oleh karena itu perlu perhatian yang penuh agar nilai investasi anda terus meningkat setiap tahun nya,  anda bisa membayangkan dalam 10 tahun, jika anda memutuskan untuk berinvestasi di bidang properti dan memutuskan segera membeli properti yang sesuai hari ini juga, Anda bisa duduk, merasa tenang, aman dan bahkan bangga bahwa anda telah membuat keputusan yang tepat untuk membeli properti yang nilainya akan naik berkali lipat setiap bulan bahkan tahun.

Sementara rekan-rekan Anda dan orang lain mungkin baru sibuk akan memulai investasi.

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*